I. Pengertian Tata Hidang
Tata
Hidangan adalah merupakan bagian dari Food and BeverageDepartment yang pada
dasarnya secara langsung menunjang serta melaksanakansegenap fungsi Food and
Beverage Department. Namun demikian secara terpisahdapat dilihat bahwa tugas
pokok atau fungsi utama Tata Hidangan adalah"
memberikan layanan makanan dan minuman".
II. Pengertian Restaurant
1.Menurut Made Lastra Th. 1934Menyatakan bahwa yang dimaksud restaurant adalah
setiap usaha komersial yanglingkup kegiatannya adalah menyediakan makanan dan
minuman yang ditujukanuntuk umum.
2.Menurut Soekresno Th . 2000Menyatakan bahwa yang dimaksud dengan restaurant
adalah suatu usaha yangdikelola komersial yang menyediakan pelayanan jasa
makanan dan minuman.
3.Menurut Diktat Tata Hidangan th.2005Menyatakan bahwa yang dimaksud dengan restaurant
adalah suatu ruangan atautempat dimana tamu dapat membeli makanan maupun
minuman.Adapun jenis-jenis restaurant antara lain :
a) Formal
Dining RoomYaitu restaurant yang merupakan high class restaurant. Restaurant
ini diciptakansedemikian eksklusif , sehingga hanya tamu-tamu tertentu yang
dapatmenikmatinya.
b) Informal
Dining RoomYaitu restaurant yang sifatnya tidak formal.
c) Specialty
RestaurantYaitu restaurant yang menyediakan makanan atau masakan khusus.
III.
Pramusaji
Pengertian pramusaji adalah orang atau pegawai
restoran yang tugas kerjadan tanggung jawab pokoknya adalah melayani makan dan
minuman bagi tamu yang memesannya, disamping menangani mereka juga yang
mempersiapkanmaupun menutup restoran.
1.Persyaratan dan kualifikasi pramusaji :
-Inteligence : memiliki kecerdasan yang tinggi, berakal dan berpikirantajam.
-Education :
memiliki latar belakang pendidikan yang berhubungandengan industri food and beverages
-Physical & mental : sehat pula
jiwa dan raganya
-honesty
: memiliki kejujuran
-Self
confidence : percaya diri akan kemampuannya dalam bekerja
-Appearance
: berpenampilan sesuai standar di restoran
-Attitude
: sikap yang baik terhadap tamu, atasan dan rekan kerja.
-Responsibility
: memiliki rasa tanggung jawab terhadap pekerjaannya
-Initiative
: mempunyai rasa inisiatif, prakarsa dan ichtiar dalam bekerja
-Punctuality
: berdisiplin terhadap ketepatan waktu, khusunya terhadap pekerjaannya
2.Peran
pramusaji :
-Doctor/nurse
: dalam proses menjual makanan/minuman pramusaji biasmemberikan solusi
makanan/minuman apa yg sebaiknya dipesan olehtamu yang menderita penyakit
tertentu
-Psychologist
: pramusaji dapat menerka apa yang diinginkan tamutermasuk mengahapal apa yang
disukai oleh tamu tertentu
-Actor/actress
: mampu melaksanakan seni melayani tamu mulai darikedatangannya hingga
kepulangannya
-Diplomat
: pandai berdiplomasi, bijaksana, berbudi dan bersiasat.
3.Manfaat
dan keuntungan menjadi pramusaji :
-Mendapat
gaji yang tetap dan tip dari tamu setiap hari
-Tidak
minder berkomunikasi dengan orang lain-Dapat mengenal dan dikenal oleh tamu
tamu penting di restoran
-Tidak
ada biaya yang dikeluarkan untuk pakaian kerja
-Dapat
mengetahui etika dan protokuler pada event formal/informal
VI. Peralatan Restoran
1.Furnitures
-Large
round table = 60inches diameter, 8 seats
-Rectangular
table = 36x72inches, 6 seats
-Coffee
table = 34/48inches dm, meja minum 4-5 seats
-Sidestand
= standard, tempat menyimpan alat pendukung
2.Linen-Placemats
= alas piring makan
-Skirting
= penutup kaki meja buffet
-Napkin
= sebagai serbet makan
-Towels
= kain pembersih meja kursi, alat makan, & tangan
3.Cutleries/silverwares
-Dinner
knife = pemotong daging makanan utama
-Snail
fork = pencokel daging snail
-Oyster
tong = penjepit hidangan oyster
-Dinner
spoon = penyendok hidangan pokok
4.Hollowares-Butter
bowl = wadah mentega porsi/irisan
-Soup
turine = tempat saji hidangan sup
-Bread
basket = tempat penyajian dinner rolls
-Supreme
bowl = tempat pendingin appetizer
5.Glasswares
-Water
goblet = tempat minuman air putih
-Red
wine glass = gelas red wine
-Cocktail
glass = tempat minuman cocktail
-Viva
de lux = gelas untuk exotic long drink 6.Chinawares
-B&B
plate = tempat dinner roll & mentega
-Iron
plate = piring baja khusus steak
-Salad
bowl = tempat penyajian salad
-Milk
jug = wadah penyajian susu
7.Restaurant’s
accessories
-Cutting
board = alas dasar memotong daging
-Pepper
mill = alat penumbuk lada
-Candle
labrasse = stand penyangga 3 batang lilin
-Bottle
opener = pembuka botol
8.Delivering
equipments
-Liquor
cart = trolley khusu minuman keras
-Food
bus trolley = trolley pengangkut makanan (banyak)
-Cake
cart = trolley pengangkut kue-kue dessert
-Bus
cart = trolley pengangkat peralatan makanan kotor
V.
Goals F&B Department
Tujuan
akhir atau sasaran pada F&B department pada akhirnya adalahsebagai berikut 1.Kepuasan
tamu
2.Keuntungan
3.Reputasi
VI.
Menu
Menu
adalah daftar susunan nama-nama makanan dan minuman besertaharganya
masing-masing.Bentuk-bentuk menu dapat dibagi menjadi :
-A
la carte : daftar hidangan yang masing-masing itemnya diberikanharga-harganya
dan tamu bebas memilih apa dan berapa banyak makananyang diinginkan.
-Table
D’hote : satu paket susunan hidangan dengan satu harga yang telahditetapkan
pula
.-Plat
du jour : menu jenis A la carte yang sangat terbatas pilihannya.Merupakan small
card menu yang berperan sebagai “chef’s suggestion”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar